Minggu, 04 Mei 2008

Filosofi Hidup

Filosofi hidup hampir berkaitan dengan prinsip hidup. Semuaorang yang masih eksis mempunyai pegangan hidup, tujuan hidup,prinsip hidup maupun filosofi hidup. Tentunya hal ini cukup berbedadi antara satu dengan lainnya dalam menyikapinya. Karena, setiaporang itu tidak sama, setiap orang itu unik, setiap orang merupakanmahluk individualisme yang membedakan satu dengan lainnya.
Ada yang mempunyai tujuan hidup yang begitu kuat, namunprinsip hidupnya lemah, atau sebaliknya ada orang yang mempunyaitujuan hidup yang lemah, namun memiliki prinsip hidup yang kuat. Initidaklah menjadi suatu permasalahan, yang penting seberapa baiknyaseseorang menyambung hidupnya dengan berbagai persoalan dunia yangada, atau dengan kata laiinya bagaimana kondisi psikologis/jiwaseseorang dalam menjalani hidupnya.
Prinsip hidup masih jauh kaitannya dengan psikologi, namunpsikologi mau tau mau berhubungan langsung dengan prinsip hidup.Karena, dengan menijau prinsip hidup seseorang dapat diketahuikondisi jiwa seseorang. Prinsip hidup dan filosofi hidup sangat luascakupannya, tidak hanya ditinjau dari segi psikologi, tapi seluruhcabang ilmu pengetahuan yang ada. Prinsip hidup seseorang dapatdiambil dari perspektif psikologi, agama, seni, literatural,metafisika, filsafat dsb.

Tidak ada komentar: